Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional dengan tema: “Kolaborasi Peningkatan Kepedulian Terhadap Lingkungan Pesisir”

Program Studi Magister Manajemen (Prodi MM) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs. Unwar) menggelar acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional dengan tema: “Kolaborasi Peningkatan Kepedulian Terhadap Lingkungan Pesisir” yang dilaksanakan di Pantai Sanur, Minggu, 18 September 2022. 

Acara Pengabdian Masyarakat Prodi MM kali ini dihadiri oleh Wakil Direktur I PPs. Unwar, Dr. Ni Made Jaya Senastri, S.H., M.H, Wakil Direktur II, Dr. I Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M. Si, Ketua Prodi MM, Dr. Ida Bagus Udayana Putra, S.E., M.M beserta Sekretaris Prodi MM Dr. I Made Suniastha Amerta, S.S., M.Par. Beberapa undangan yang turut hadir pada kegiatan ini, diantaranya Ketua Alumni Prodi MM, dosen Prodi MM, karyasiswa Prodi Magister Manajemen, serta beberapa LSM Internasional pecinta lingkungan diantaranya: perwakilan dari Coral Triangle Center (CTC), World Wild Fund (WWF), Trash Hero Indonesia, dan beberapa ekspatriat/tamu  asing pecinta lingkungan yang berasal dari negara Australia, Jerman, Norwegia, dan Belanda. 

Kegiatan Pengabdian yang merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di tingkat Prodi MM kali ini dibuka oleh Wakil Direktur II Program Pascasarjana Universitas Warmadewa, Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.Si. Pada sambutannya, Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.Si menyambut baik dan mengapresiasi acara Pengabdian Internasional Prodi MM ini yang telah mampu mengundang dan menghadirkan partner pecinta lingkungan (LSM) bertaraf internasional dan beberapa orang asing pecinta lingkungan dari beberapa negara. 

Kaprodi MM, Dr. Ida Bagus Udayana Putra, S.E., M.M dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan pengabdian internasional Prodi MM tersebut. Ia berharap kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengarah pada konservasi lingkungan yang melibatkan stake holder terkait  dapat secara konsisten dilaksanakan.  

Usai pembukaan, agenda pengabdian Prodi MM ini dilanjutkan dengan acara Pelepasan 27 Tukik oleh Wakil Direktur I dan II Program Pascasarjana Unwar, diikuti oleh Kaprodi dan Sekprodi MM, Ketua Alumni, Para dosen, dan perwakilan LSM dan tamu asing pecinta lingkungan, serta diikuti  oleh seluruh karyasiswa Prodi MM yang hadir pada kegiatan tersebut. Usai pelepasan Tukik, dilanjutkan dengan acara bersih-bersih pantai yang dipandu oleh Koordinator karyasiswa, Kadek Bramdhika Ada, S.M yang diikuti oleh seluruh peserta dan undangan yang hadir. 

Agenda selanjutnya, dilaksanakan sesi Ceramah dan Diskusi yang masing-masing dibawakan oleh Perwakilan dari Trash Hero Indonesia, World Wild Fund (WWF), dan perwakilan dari Coral Triangle Center (CTC). Wayan Aksara dari Trash Hero Bali memberikan materi tentang “Pengelolaan Sampah di Indonesia termasuk Bali”. Perwakilan WWF membahas “Pentingnya Konservasi Alam dan Lingkungan bagi kita”. Sedangkan Yoga Putra dari CTC mengajak seluruh peserta pengabdian untuk secara konsisten peduli terhadap alam lingkungan khususnya “Pelestarian Biota Laut” untuk mendukung pengembangan Pariwisata Alam (Ekowisata) khusunya di daerah Bali.

Acara diskusi ditutup dengan acara tanya jawab yang melibatkan seluruh peserta pengabdian dan penyampaian masukan dari beberapa perwakilan karyasiswa Prodi Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Warmadewa.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.

id_IDID